Rancangan Arsitektur Perusahaan (Enterprise Architecture Design) untuk Kolese Seni Rupa (ART)

  • Novianthony Wiyanto Pradita University
  • Richardus Eko Indrajit Universitas Pradita
  • Erick Dazki Universitas Pradita
Keywords: enterpise architecture, ART Collage, ArchiMate, Business Model Canvas.

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengganggu sistem pendidikan tinggi secara signifikan, memaksa lembaga pendidikan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap tantangan baru. Tidak hanya menggeser pendekatan pedagogis dan model pembelajaran, tetapi juga perubahan dalam infrastruktur dan teknologi pendidikan tinggi. Untuk beradaptasi dan menghadapi perubahan ini, perguruan tinggi dan lembaga pendidikan mulai membuat strategi dengan menggabungkan prinsip-prinsip Digital Enterprise Architecture (DEA) ke dalam sistem dan praktik perguruan tinggi. Manfaat potensial penggunaan DEA dalam sistem perguruan tinggi termasuk peningkatan keterlibatan mahasiswa, peningkatan hasil belajar, dan peningkatan ketahanan dalam menghadapi krisis di masa depan. Artikel ini menguraikan kerangka kerja untuk mengimplementasikan DEA (Digital Enterprise Architecture) dalam sistem perguruan tinggi, kerangka kerja tersebut terdiri dari arsitektur bisnis, arsitektur aplikasi, arsitektur database, dan arsitektur teknologi. Selain itu, Arsitektur Perusahaan akan menggambarkan sistem arsitektur bisnis dengan menggunakan skema ArchiMate agar proses bisnis, termasuk aktor bisnis - peran, kapabilitas, tata kelola, dan Diagram Dekomposisi Fungsional, dapat terlihat dengan jelas dan mudah dipahami.

References

Athia, I., Saraswati, E., & Normaladewi, A. (2018). Penerapan Business Model Canvas (Bmc) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang. Jurnal Ketahanan Pangan, 2(1), 66–75.

Chudra, G., Indrajit, R. E., & Dazki, E. (2023). Arsitektur Perusahaan Untuk Mro Pesawat Di Indonesia Menggunakan Business Model Canvas. https://doi.org/10.33372/stn.v9i1.968

Gunawan, V., Indrajit, R. E., & Dazki, E. (2021). Desain Enterprise Architecture untuk Taman Hiburan di Indonesia dengan Archimate. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 7(2), 102–112. https://doi.org/10.33372/stn.v7i2.742

Guntara, A., Saeppani, A., Fadil, I., & Supriadi, F. (2020). Enterprise Information System Planning Using TOGAF Architecture Development Method on XYZ College. 2020 8th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2020. https://doi.org/10.1109/CITSM50537.2020.9268798

Haludin, G., Indrajit, R. E., Dazki, E., & Pradita, U. (2022). Enterprise Architecture for Heavy Equipment Dealer in Arsitektur Perusahaan Untuk Dealer Alat Berat Di Indonesia. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 3(4), 939–948. http://jutif.if.unsoed.ac.id/index.php/jurnal/article/download/270/151

Li, W. (2021). Design of smart campus management system based on internet of things technology. Journal of Intelligent and Fuzzy Systems, 40(2), 3159–3168. https://doi.org/10.3233/JIFS-189354

Mangla, N. (2021). Working in a pandemic and post-pandemic period – Cultural intelligence is the key. International Journal of Cross Cultural Management, 21(1), 53–69. https://doi.org/10.1177/14705958211002877

Sopian, A., Karlina, H., Saefurridjal, A., & Fatkhullah, F. K. (2023). Enterprise Architecture on Moral-based School Education Information Systems. Sinkron, 8(1), 178–187. https://doi.org/10.33395/sinkron.v8i1.11974

Utomo, H. P., Bon, A. T., & Hendayun, M. (2019). SAMR as a framework for modeling of academic information system in higher education institution toward education 3.0. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 8(11 Special issue 2), 283–287. https://doi.org/10.35940/ijitee.K1044.09811S219

Virantina, Y., Saputra, H., Rahman, K., & Rachmawati, E. M. (2020). Digital Enterprise Architecture to Support Effective and Efficient Statistical Production. 2020 Asia–Pacific Statistics Week, United Nations, 1(June), 15–20.

Vyas, L. (2022). “New normal” at work in a post-COVID world: work–life balance and labor markets. Policy and Society, 41(1), 155–167. https://doi.org/10.1093/polsoc/puab011

Zhang, Z., Cao, T., Shu, J., & Liu, H. (2022). Identifying key factors affecting college students’ adoption of the e-learning system in mandatory blended learning environments. Interactive Learning Environments, 30(8), 1388–1401. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1723113

Published
2023-12-03
How to Cite
Wiyanto, N., Richardus Eko Indrajit, & Erick Dazki. (2023). Rancangan Arsitektur Perusahaan (Enterprise Architecture Design) untuk Kolese Seni Rupa (ART). SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 9(2), 70-79. https://doi.org/10.33372/stn.v9i2.1010