Redesign Aplikasi M-Banking Metode Lean UX Dengan Pengujian A/B Testing (Studi Kasus BSI)

  • Anjeli Sapitri STMIK Amik Riau
  • Muhamad Wahyu Saputra STMIK Amik Riau
  • Mesy Aniza Putri STMIK Amik Riau
  • Yoyon Efendi STMIK Amik Riau
  • Dwi Haryono STMIK Amik Riau
Keywords: M-Banking BSI, User Interface, User Experience, A/B Testing

Abstract

BSI Mobile Banking merupakan suatu aplikasi yang dimiliki oleh BSI karena tidak hanya memiliki fitur transaksi tetapi juga menyediakan fitur syariah yang dapat memudahkan nasabah dalam bertransaksi. Mobile Banking adalah layanan produk perbankan yang dirancang untuk mempermudah proses perbankan bagi nasabah dan bank. Dengan BSI Mobile, nasabah dapat bertransaksi secara mandiri melalui BSI Mobile tanpa harus datang ke cabang bank atau ATM. Selain itu, keberadaan BSI Mobile membantu mengurangi antrian nasabah di banking hall, meningkatkan jumlah transaksi melalui e-channel BSI dan menjadikan kualitas layanan efektif dan efisien, tapi fitur-fitur dan desain M-Banking BSI masih kurang lengkap dan dan tidak menarik lagi, sehingga mengalami penurunan penggunaan terhadap M-Bangking BSI. Oleh karena itu membutuhkan User Interface (UI) dan User Experience (UX) desain sebagai dasar untuk membangun platform agar menciptakan desain serta fitur-fitur yang lebih menarik. Metode Lean UX berfokus pada kepuasan pengguna dengan antarmuka pengguna yang dibuat, sehingga metode ini dipilih pada penelitian ini untuk mengembangkan desain antarmuka pengguna. Berdasarkan analisis, implementasi dan evaluasi menghasilkan prototipe akhir yang merupakan gabungan dari prototype A dan B yang telah divalidasi dari segi tampilan, hingga kritik dan saran dari konsumen pengguna dan teknisi. Prototipe A dipilih untuk 5 fitur dan Prototipe B dipilih untuk 5 fitur. Pada halaman logo terpilih desain A dengan persentase 72,2%, pada halaman menu utama terpilih desain A dengan persentase 80,6%, halaman beranda terpilih desain A dengan persentase 69,4%, halaman informasi rekening terpilih desain A dengan persentase 75%, dan halaman transfer terpilih desain B dengan persentase 55,6%. Selain itu, penelitian ini menghasilkan hasil yang konsisten antarmuka pengguna dalam hal warna, font, gambar dan tata letak serta pengalaman pengguna yang mudah pengguna memahami untuk menggunakan aplikasi dan mendapatkan informasi sesuai kebutuhan. Hasil desain diuji menggunakan metode Usablility Testing guna untuk mencapai kemudahan menggunakan dan penerimaan pengguna dengan desain yang diusulkan atau yang telah di buat.

References

Agustina, D. A., & Krisnaningsih, D. (2023). “Pengaruh Penggunaan Bsi Mobile Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bsicabang Jenggolo.” Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, Volume 6 N, 180–185.

Angelica, I., & Nas, C. (2023). Design UI/UX Prototype Aplikasi Pemesanan Produk Dimskuy Berbasis Mobile Dengan Menggunakan Figma. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 1(1), 22–26.

Arrizki, F., Lubis, A. Y., & Lestari, D. (2023). Pengaruh Bsi Mobile Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Mahasiswa/I Perbankan Syariah-Uinsu). Eksya, 4(1), 2746–8925.

Fathurrahman, A. (2022). Perancangan Ui/Ux Pada Startup Suvis Indonesia Menggunakan Metode Lean Ux Startup. הארץ, 11(8.5.2017), 2003–2005.

Firmansyah, R. (2018). Usability Testing Dengan Use Questionnaire Pada Aplikasi Sipolin Provinsi Jawa Barat. Swabumi, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i1.3310

Hasibuan, F., Setiawan, H., Ali, E., & Junadhi. (2023). Prototype Design User Interface Sistem Preloved Menggunakan Metode Lean Ux. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 137–148. https://doi.org/10.31849/zn.v5i1.12915

Jocelyn, J., & Sutanto, R. P. (2022). Penerapan Metode Lean UX dan Design Sprint Pada Pembuatan dan Pengembangan Aplikasi Aryanna. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 9. https://www.plainconcepts.com/lean-ux-methodology/

Kadir, Abdul, M., & Machasin, D. (2014). JURNAL EKONOMI Volume 22, Nomor 2 Juni 2014. Ekonomi, 22, 1–17.

Khoiriyah, U., & Putra, P. (2022). Analisis Jalur Pengaruh Pengambilan Keputusan Bertransaksi Melalui BSI Mobile. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2522–2535. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6455

Mayasari, R., Susilo Yuda Irawan, A., & Singaperbangsa Karawang, U. (2021). Penerapan Metode Lean Ux Pada Perancangan Ui/Ux Aplikasi Digilib Unsika Versi Windows Implementation of Lean Ux Method on Ui/Ux Design of Digilib Unsika Application in Windows Version. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 4(2), 2021.

Musfikar, R., Harahap, N. F., & Hazrullah. (2022). Implementasi Metode Webqual 4.0 untuk Mengukur Kualitas Website Sistem Informasi Akademik Sekolah. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 8(2), 58–67. https://doi.org/10.33372/stn.v8i2.863

Muzawi, R., Agustin, W., & Informatika, J. T. (2018). SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Sistem Pengendalian Lampu Berbasis Web dan Mobile. 4(1).

Pamungkas, F. T. (2023). Perancangan UI / UX Aplikasi Variety off Food Layanan Penjualan Makanan Secara Online Menggunakan Aplikasi Figma. 6(1), 165–183.

Pangestu, D. (2022). Analisis Kepuasan Nasabah dalam Penggunaan BSI Mobile. Jurnal Muamalat Indonesia - Jmi, 2(2), 72–86. https://doi.org/10.26418/jmi.v2i2.58961

Rifki, M. A., & Haryono, K. (2023). Desain Antarmuka dan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Menghafal Quran berbasis Mobile menggunakan Lean UX. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 12(1), 2540–9719. http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

Santoso, A. J., Hadi Wijoyo, S., & Perdanakusuma, A. R. (2022). Evaluasi Usability Aplikasi Bank Syariah Indonesia Mobile menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (Studi Kasus : KCP Trenggalek Sudirman 1). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(2), 793–801. http://j-ptiik.ub.ac.id

Sihaloho, F. (2023). Perancangan User Interface ( UI ) dan User Experince ( UX ) Aplikasi pendistribution alat-alat kesehatan pada perusahaan PT . Rekamileniumindo Selaras Jakarta Barat. 9(1), 33–38.

Sugihartono, T., & Chrisna Putra, R. R. (2019). Pengembangan Aplikasi E-Government Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Berbasis Android. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 5(2), 9–16. https://doi.org/10.33372/stn.v5i2.544

Vadly Azhar Lubis, M., & Siregar, O. M. (2021). Analisis Minat Nasabah pada Penggunaan Aplikasi BSI Mobile dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada Bank BSI KCP Rantauprapat. Skripsi, 1(1), 1–165.

Widiatmoko, D. T., Utami, B. S., Studi, P., Komunikasi, D., Informasi, F. T., Kristen, U., & Wacana, S. (2022). Perancangan UI / UX Purwarupa Aplikasi Penentu Kualitas Benih Bunga Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking ( Studi Kasus PT Selektani ) Pendahuluan Peran teknologi informasi ( TIK ) dalam pengelolaan pertanian di Indonesia PT Selektani Induk U. 19(1), 120–136.

Yunus, C. D. P., & Wahyu, S. (2021). Pembangunan Konsep Desain User Experience Aplikasi Mobile Majubersama Guna Mendorong Percepatan Pengimplementasian Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer).

Published
2023-12-04
How to Cite
Sapitri, A., Saputra, M. W., Putri, M. A., Efendi, Y., & Dwi Haryono. (2023). Redesign Aplikasi M-Banking Metode Lean UX Dengan Pengujian A/B Testing (Studi Kasus BSI). SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 9(2), 112-124. https://doi.org/10.33372/stn.v9i2.1038