Desain Aplikasi Informasi Akademik UIN Suska (Suska Mobile) Menggunakan Metode Lean UX

  • Muhammad Haiqal Dani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Reski Mai Candra Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muhammad Irsyad Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Febi Yanto Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Sistem Akademik Lean UX Prototipe User Interface User Experience

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi kunci dalam membantu Perguruan Tinggi dalam memberikan layanan kepada mahasiswanya. Salah satu bentuk pemanfaatan TIK yang khusus ditujukan untuk mahasiswa adalah sistem informasi akademik mahasiswa. Sistem informasi akademik merupakan elemen penting dalam sebuah instansi pendidikan. Sistem informasi akademik dimiliki semua instansi pendidikan terutama Universitas. Namun, dari hasil pengamatan sarana sistem informasi akademik di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau masih belum efektif dan efisien terutama dalam bentuk mobile. Kondisi ini mengakibatkan sistem informasi akademik tidak memberikan pengalaman pengguna yang optimal.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang desain prototype sistem informasi akademik UIN Ssuska (Suska Mobile) dengan memperhatikan aspek kebergunaan (user experience) dan aspek tampilan antarmuka  (user interface).  Penelitian ini menggunakan pendekatan metode Lean UX  yang terdiri dari 4 tahapan  Declare Assumptions yang menghasilkan asumsi permasalahan, Create an Minimum Viable Product yang menghasilkan rancangan prototype, Run an Experiment melakukan demonstrasi dan Feedback and Research yang menghasilkan hasil pengujian serta perbaikan dari rancangan prototype. Hasil akhir penelitian ini adalah prototype yang dibangun menggunakan aplikasi figma dan telah diuji kepada 8 responden menggunakan pengujian System Usability Scale (SUS) dengan nilai   83,75%.

 

References

Aarlien, D., & Colomo-Palacios, R. (2020). Lean Ux: A Systematic Literature Review. Lecture Notes In Computer Science (Including Subseries Lecture Notes In Artificial Intelligence And Lecture Notes In Bioinformatics), 12254 Lncs, 500–510. Https://Doi.Org/10.1007/978-3-030-58817-5_37

Adhawiyah, Y., Kumaladewi, N., & Caturutami, M. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Psycological Appraisal (Studikasus :Kantor Wilayah Kementerian Agama Dki Jakarta). Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 119–126.

Ari Anggara, D., Harianto, W., & Aziz, A. (N.D.). Id/Index.Php/Kurawal Prototipe Desain User Interface Aplikasi Ibu Siaga Menggunakan Lean Ux 58 Prototipe Desain User Interface Aplikasi Ibu Siaga Menggunakan Lean Ux. In Informasi Dan Industri (Vol. 4).

Arnhold, M., Quade, M., & Kirch, W. (2014). Mobile Applications For Diabetics: A Systematic Review And Expert-Based Usability Evaluation Considering The Special Requirements Of Diabetes Patients Age 50 Years Or Older. Journal Of Medical Internet Research, 16(4), 1–20. Https://Doi.Org/10.2196/Jmir.2968

Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009).

Determining What Individual Sus Scores Mean: Adding An Adjective Rating Scale. In Journal Of Usability Studies (Vol. 4).

Bastian, A., Ferga Prasetyo, T., & Kurniati, N. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Peternak Ayampada Koperasi Sinar Mulya Menggunakan Microsoft Visual Basic 2010 .Net. Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 135–143.

Chinetha, K., Joann, J. D., & Shalini, A. (2015). An Evolution Of Android Operating System And Its Version. 2, 30–33.

Elliot, A. J., & Maier, M. A. (2014). Color Psychology: Effects Of Perceiving Color On Psychological Functioning In Humans. Annual Review Of Psychology, 65, 95–120. Https://Doi.Org/10.1146/Annurev-Psych-010213-115035

Gothelf, J., & Seiden, J. (2013). Lean Ux - Designing Great Products With Agile Teams. Http://Tdavis.Davissoft.Com/Lean_Ux.Pdf

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. Https://Doi.Org/10.21580/At.V8i1.1163

Henim, S. R., & Sari, R. P. (2020). User Experience Evaluation Of Student Academic Information System Of Higher Education Using User Experience Questionnaire. Jurnal Komputer Terapan, 6(Vol. 6 No. 1 (2020)), 69–78. Https://Doi.Org/10.35143/Jkt.V6i1.3582

Kadi, D. (2017). Pengembangan Aplikasi Mobile Objek Wisata Secara Real Time Dengan Augmented Reality Di Kabupaten Sumba Barat Daya. Tesis: Teknik Informatika, 9–25.

Novialdi T, Reski Mai Candra, Muhammad Affandes, & Pizaini. (2023). Desain Aplikasi Pencarian Jasa Fotografer (Capturar) Dengan Menggunakan Metode Lean Ux. Satin - Sains Dan Teknologi Informasi, 9(1), 32–43. Https://Doi.Org/10.33372/Stn.V9i1.939

Nurhabibie, R., Paputungan, I. V, & Suranto, B. (2020). Pengembangan User Interface Dan User Experience Pada Website Ayosparring Menggunakan Pendekatan User-Centered Design Dan Metode Heuristic Evaluation. Automata, 1(2).

Rabbanii, I., Hendra Brata, A., & Brata, K. C.

(2019). Penerapan Metode Lean Ux Pada Pengembangan Aplikasi Bill Splitting Menggunakan Platform Android (Vol. 3, Issue 7). Http://J-Ptiik.Ub.Ac.Id

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. Https://Doi.Org/10.7454/Jki.V11i1.184

Rahman, M. A. (2019). Early Phase Of User Involvement To Validate The Minimum Viable Product: An Approach Of Lean Ux. Http://Jultika.Oulu.Fi/Files/Nbnfioulu-202004091380.Pdf

Sharfina, Z., & Santoso, H. B. (2017). An Indonesian Adaptation Of The System Usability Scale (Sus). 2016 International Conference On Advanced Computer Science And Information Systems, Icacsis 2016, 145–148. Https://Doi.Org/10.1109/Icacsis.2016.7872776

Titan, T., Luhukay, D., & Kurniawan, Y. (2014). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Sma Negeri Xyz. Comtech: Computer, Mathematics And Engineering Applications, 5(1), 387. Https://Doi.Org/10.21512/Comtech.V5i1.2632

Welda, W., Putra, D. M. D. U., & Dirgayusari, A. M. (2020). Usability Testing Website Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus)S. International Journal Of Natural Science And Engineering, 4(3), 152–161. Https://Doi.Org/10.23887/Ijnse.V4i2.28864

Published
2023-12-04
How to Cite
Muhammad Haiqal Dani, Reski Mai Candra, Muhammad Irsyad, & Febi Yanto. (2023). Desain Aplikasi Informasi Akademik UIN Suska (Suska Mobile) Menggunakan Metode Lean UX. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 9(2), 100-111. https://doi.org/10.33372/stn.v9i2.1048