Pengujian User Experience pada Aplikasi Mobile Sistem Informasi Mahasiswa ITP dengan Metode SUS dan Usability Testing
Abstract
Beragamnya aplikasi yang beredar di masyarakat, membuat para pengembang aplikasi mobile berlomba-lomba untuk menciptakan aplikasi yang menarik, terutama dalam hal desain antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna. Sayangnya, sejak awal peluncurannya, aplikasi android Sisfo ITP Mahasiswa belum pernah menjalani pengujian analisis kegunaan usability. Analisis terhadap aplikasi ini penting untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat pengalaman pengguna pada aplikasi android Sisfo ITP Mahasiswa menggunakan metode System Usability Scale dan Usability Testing. Pengujian menggunakan tools untuk usability testing dan survei kuesioner online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan skor SUS sebesar 59, sehingga dikategorikan sebagai F yang artinya Ok. Dalam hal kegunaan usability, aplikasi ini juga mendapatkan skor sebesar 59, yang menempatkannya dalam kategori standar. Penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan kegunaan dan pengalaman pengguna keseluruhan dari aplikasi ini.
Hasil pengujian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengalaman pengguna aplikasi, mengindikasikan bahwa perubahan-perubahan yang diimplementasikan pada desain aplikasi memperbaiki tingkat usability secara substansial.
References
D. W. T. Putra, H. Bulkis, A. Syahrani. (2021). “METODE PIECES DALAM MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA PORTAL AKADEMIK.” Jurnal Sains dan Teknologi., vol. 21, no. 1, pp. 50–57 , doi: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v21i1.360.
E. C. Haryanto, M. A. Gustalika. (2020). “Implementation of User Experience Using the Design Thinking Method in Prototype Cleanstic Applications.” JASMED (Journal of Software Engineering and Multimedia), vol. 6, no. 1, pp. 10–17 , doi: 10.20895/jasmed.v1i1.1016.
G. Karnawan, S. Andryana, R. T. Komalasari. (2020). “Pengujian User Experience pada Aplikasi ITTPIGracias Menggunakan System Usability Scale (SUS)dan Usability Testing.” JTMI (Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika), vol. 1, no. 1, pp. 1–8 , doi: 10.26905/jtmi.v6i1.3785.
Hair, J.F., Money, A.H., Samouel, P. and Page, M. (2007), "Research Methods for Business", Education + Training, Vol. 49 No. 4, pp. 336-337. https://doi.org/10.1108/et.2007.49.4.336.2.
Indotelko, “Pertumbuhan pasar aplikasi mobile di Indonesia sangat signifikan,” (2020).https://www.indotelko.com/read/1608100220/pertumbuhan-pasar-plikasi- mobile-di-indonesia-sangat-signifikan (accessed Jan. 01, 2021).
M. L. Nuriman, N. Mayesti. (2020).“ Evaluasi Ketergunaan Website Perpustakaan Universitas Indonesia Menggubnakan System Usability Scale.” BACA (Jurnal Dokumentasi dan Informasi), vol. 41, no. 2, pp. 253–269 , doi: https://doi.org/10.14203/j.baca.v41i2.622.
N Sugihartono, T., & Rian Chrisna Putra, R. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Technology Acceptance Model pada Sistem Pelayanan Publik. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 6(2), 97-105. https://doi.org/10.33372/stn.v6i2.651.
Nelianli Yan Jaya, M. Agustian Reyza Novris, & Junadhi. (2022). Penerapan Metode Design Sprint Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Pengingat Sarapan. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 8(2), 152-161. https://doi.org/10.33372/stn.v8i2.892.
Novialdi T, Reski Mai Candra, Muhammad Affandes, & Pizaini. (2023). Desain Aplikasi Pencarian Jasa Fotografer (Capturar) dengan Menggunakan Metode Lean UX. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 9(1), 32-43. https://doi.org/10.33372/stn.v9i1.939.
Copyright (c) 2023 Ansel Caprico, Ganda Yoga Swara, Anna Syahrani, Putri Mandarani, Eko Kurniawanto Putra (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.