Grocery Shopping Sebagai Media Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Desa Suro Berbasis Website dengan Metode RAD
Abstract
Kita sering mengalami masalah dalam mencari obat apotek Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ialah usaha perdagangan yang dikelola oleh perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif dengan kriteria yang sudah ditetapkan dalam Undang Undang. Terdapat banyak anggota UMKM yang sudah tergabung kedalam UMKM desa. Upaya desa meningkatkan penjualan masih kurang dirasakan manfaatnya dalam meningkatkan omset penjualan produk yang di tawarkan. Grocery Shopping adalah kegiatan berbelanja bahan makanan sehari-hari, toko pangan, dan toko bahan makanan. Kegiatan promosi yang dilakukan dalam kegiatan dimulai dari persiapan, observasi, foto produk, pembuatan website. Dengan pembuatan media promosi ini di harapkan mampu memberikan kebermanfaatan pada desa suro. Aplikasi yang di buat adalah media promosi produk yang di jual. diharapka aplikasi dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan informasi yang dibutuhkan sebagai meida promosi. Berdasarkan nilai rata-rata SUS, dapat disimpulkan bahwa skor termasuk dalam kategori sangat baik.
References
Astuti, K. R. (2019). Infrastruktur dan teknologi dorong kemajuan umkm. Forum Manajemen, 17, 71–86.
Chandra, S. S., Dowling, J. A., Engstrom, C., Xia, Y., Paproki, A., Neubert, A., Rivest-Hénault, D., Salvado, O., Crozier, S., & Fripp, J. (2018). A lightweight rapid application development framework for biomedical image analysis. Computer Methods and Programs in Biomedicine, 164, 193–205. https://doi.org/10.1016/j.cmpb.2018.07.011
Charef, R., & Lu, W. (2021). Factor dynamics to facilitate circular economy adoption in construction. Journal of Cleaner Production, 319(March), 128639. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.128639
Driediger, F., & Bhatiasevi, V. (2019). Online grocery shopping in Thailand: Consumer acceptance and usage behavior. Journal of Retailing and Consumer Services, 48(February), 224–237. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.02.005
Elallaoui, M., Nafil, K., & Touahni, R. (2018). Automatic Transformation of User Stories into UML Use Case Diagrams using NLP Techniques. Procedia Computer Science, 130, 42–49. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.04.010
Hariyanto, D., Sastra, R., Putri, F. E., Informasi, S., Kota Bogor, K., & Komputer, T. (2021). Implementasi Metode Rapid Application Development Pada Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal JUPITER, 13(1), 110–117.
Nurman Hidayat, & Kusuma Hati. (2021). Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Rapor Online (SIRALINE). Jurnal Sistem Informasi, 10(1), 8–17. https://doi.org/10.51998/jsi.v10i1.352
Pricillia, T. (2021). perbandingan metode waterfall, prototype,RAD. Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak(Waterfall, Prototype, RAD), X(01), 6–12.
Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, I., Agustini, I. G. A. A., Yudawisastra, H. G., Maknunah, L. U., Amaria, H., Witi, F. L., Nuryanti, N., & Sudirman, A. (2022). Kewirausahaan Umkm Di Era Digital. In Cv Widina Media Utama.
Tyrväinen, O., & Karjaluoto, H. (2022). Online grocery shopping before and during the COVID-19 pandemic: A meta-analytical review. Telematics and Informatics, 71(December 2021). https://doi.org/10.1016/j.tele.2022.101839
Copyright (c) 2024 ispandi Ispandi, Rino Ramadan , Rahdian Kusuma Atmaja , Yuris Alkhalifi (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.