Aplikasi Perpustakaan Tiga Dimensi (3D) Menggunakan Teknologi WebGL
Abstract
Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, dan salah satu cara yang inovatif di era teknologi modern seperti saat ini adalah e-library.E-library .Namun sering kali interaksi yang terjadi antara pengguna dan fasilitas elibrary itu monoton dan terkesan membosankan karena desain user interface(UI) yang sudah umum dan kurang interaktif ,agar e-library yang akan dirancang ini bisa memuaskan pengguna dan menarik pengguna yang baru adalah dengan mendesain UI yang interaktif menggunakan animasi dan objek tiga dimensi   (3D). WebGL yang sama sekali   tidak membutuhkan program bantuan agar bisa berjalan dengan   lancar pada web browser. Selain itu, WebGL juga ditulis menggunakan bahasa scripting yang sudah sangat dikenal oleh para pengembang pemrograman web yaitu Javascript. Sehingga, pengembang web tidak perlu mempelajari bahasa scripting lain dan bisa lebih fokus dengan tujuan.References
Legowo, A. I. (2015). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Dengan Menggunakan Barcode Scanner Pada.
Nugroho, Adi. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak Beroerintasi Objek, Penerbit Andi.
Rahmad, B., & Purnama, B. E. (2013). Rancangan Pembangunan Web E-Library Pada Perpustakaan Aptikom Indonesia Berbasis Web. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA 2013, 2(1), 60–68.
Utama, M. R. (2014). Pembangunan Peta Kampus 3D Universitas Komputer Indonesia Berbasis Komputer. Jurnal Ilmiah Komputer & Informatika.
Wahono. (1998).Perancangan Desain Tiga Dimensi, Andi, Jakarta
W.Ambler, S. (2005). The Element of UML 2.0. Cambradge University Press.
Wiryawan, M. (2011). User Experience (Ux) Sebagai Bagian Dari Pemikiran Desain Dalam Pendidikan Tinggi Desain Komunikasi Visual.
Humaniora, 2(2), 1158–1166. Retrieved from