Aplikasi Menentukan Karakter Peserta Didik Menggunakan Teori Myers Briggs Type Indicator
Abstract
Guru bimbingan konseling (BK) memiliki tugas untuk membantu agar peserta didik dapat berkembang secara mandiri, dan membantu peserta didik tersebut menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi baik dibidang akademik maupun non akademik. Akan tetapi permasalahan peserta didik tersebut tidak semuanya dapat diselesaikan dengan baik oleh guru bimbingan konseling karena beragamnya masalah yang ditangani. Selanjutnya berbagai solusi yang diberikan juga tidak didasari pada pendekatan penyelesaian masalah berdasarkan karakter peserta didik karena sulitnya membaca karakter peserta didik tersebut. Sebuah aplikasi untuk menentukan karakter peserta didik secara otomatis dirancang dengan menggunakan teori Myers Briggs Type Indicator. Teori Myers Briggs Type Indicator adalah psikotest yang dirancang untuk mengukur preferensi seseorang dalam melihat dunia dan mengambil suatu keputusan. Aplikasi ini dapat digunakan oleh guru bimbingan konseling sebagai alat bantu dalam memberikan layanan bimbingan kepada peserta didik sehingga bisa memberikan solusi yang terbaik terhadap masalah yang ditangani oleh guru BK berdasarkan pendekatan karakter peserta didik.
References
Langeveld, M.J. 1980. Pedagogik teoritis-sistematis,
Bandung, Jemmars.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar. Jakarta, Rajawali Press.
MBTI basics, The Myers-Briggs Foundation. 2015, Akses 28
November 2015. Link : http://www.myersbriggs.org/my-mbtipersonality-type/mbti-basics/
Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). 2015. Akses 28
November 2015. Link :
https://www.cpp.com/products/mbti/index.aspx
Mengetahui Potensi Diri dengan Tet MBTI. 2015.
Akses 28 November 2015. Link :
http://woleducation.com/mengetahui-potensi-diridengan-tes-mbti-2/