Visualisasi Interaktif Berbasis Multimedia untuk Desain Rumah Tiga Dimensi dengan Teknik Polygonal dan Nurbs Modelling
Abstract
Teknologi multimedia meliputi banyak aspek salah satunya desain rancangan produk atau desain rumah. Multimedia dapat memberikan gambaran bagi pemakai atau konsumen sebelum benar-benar membangun rumah yang sebenarnya karena desain rumah yang akan dibeli tergambar seperti rancangan manual. Sebagai gambaran ada sebuah perusahaan properti yang menawarkan rumah idaman dengan berbagai tipe, untuk memberikan kemudahan kepada konsumen yang hendak membeli rumah tersebut, maka digunakanlah teknologi multimedia berupa visualisasiruangan atau bangunan yang menyerupai bangunan aslinya. Teknologi multimedia akan sangat berperan penting dalam menampilkan desain yang ditampilkan, gambar dua dimensi dan model tiga dimensi adalah visualisasi yang sering digunakan dalam teknologi multimedia, yang dapat diciptakan dengan memakai beberapa teknik salah satunya adalah teknik polygonal dan nurbs modeling.Modeling polygonal merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter. Setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Untuk mendapatkan permukaan yang halus, dibutuhkan banyak bidang polygon. Bila hanya digunakan sedikit polygon, maka objek yang didapatkan akan terbagi menjadi pecahan-pecahan polygon. Sedangkan Modeling dengan Nurbs (Non-Uniform Rational Bezier Spline) adalah metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Hal ini dikarenakan kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan beberapa titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrolReferences
Handi Chandra.2005,â€Polygonal dan NURBS Modeling 3ds max 6 & 7â€, Palembang,Maxikom,
Hendi., dan Robby. 2008,â€The Magic Of 3D Directorâ€, Jakarta, Informatika Komputindo.
Iwan Binanto. 2010, “Multimedia Digital Dasar Teoriâ€, Jakarta,Andi.
Danton Sihombing. 2001, “Tipografi Dalam Desainâ€, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Hendi., dan Robby. 2008, “The Magic Of 3D Studio MAXâ€,Jakarta, Informatika Komputindo.
Muzammil, Sanusi.2008, “Desain Produk, Distro, dan Fashion 3Dâ€, Jakarta, PT Elex Media Komputindo.
Artini Kusmiatirtini. 2008, “Dimensi Estetika Arsitektur dan Desainâ€, Jakarta, Andi.
Aryanto Ardi. 2011, “Menghitung Biaya Pembangunan Rumahâ€, Yogyakarta, Cemerlang Publishing.
Suryanto Thabrani. 2003, “Dimensi Estetika Arsitektur dan Desainâ€, Jakarta, Datakom.
Rustam Hakim. 2012, “Komponen Perancangan Arsitekturâ€, Jakarta, Bumi Aksara
Suparno Sastra.2003, “Konsep & Desain Rumah Tinggalâ€, Yogakarta, Andi.
Added.2011, “Defenisi Syarat & Macam Pemeteaan Dengan Metode Polygonalâ€.
Yudi Prayudi.2003, “Pemodelan Wajah 3D Berbasis Foto Diri Menggunakan Maya Embeded Language (MEL)Scriptâ€, Yogakarta,Media Informatika.
Ahmad Hoirul Basori.2007, “Simulasi Virtual Reality Pada Rumah Sakit Graha Amerta Surabayaâ€, Surabaya,ITS Surabaya.