Penerapan Data Mining Algoritma C4.5 untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Konsumen di Hotel Grand Zuri Dumai
Abstract
Kepuasan konsumen sebagai pengguna jasa adalah hal yang paling utama bagi sebuah pengelola jasa layanan. Hotel Grand Zuri Dumai sebagai salah satu penyedia jasa layanan hotel selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik terhadap konsumennya. Jika konsumen merasakan pelayanan yang kurang baik, maka konsumen akan merasa tidak puas, begitu juga sebaliknya, jika konsumen merasa puas akan kembali untuk menikmati jasa layanan yang diberikan Hotel Grand Zuri. Akan tetapi Hotel Grand Zuri tidak dapat menilai kualitas pelayanannya berdasarkan penilaiannya sendiri, melainkan dari tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan. Untuk itu digunakan Algoritma C45 untuk menilai kepuasan pelayanan konsumen, dari hasil penelitian didapatlah Jika Pelayanan sangat puas, keramahan sangat ramah, kenyamanan nyaman lalu fasilitas puas maka konsumen sangat puas.References
Hermawati, Fajar Astuti. 2013. Data Mining. Yogyakarta: Andi.
Asparizal, Yunita Putri, Ihsan Zhiyaul. 2016. Implementasi Algoritma C4.5 dalam Memprediksi Masa Studi Mahasiswa STMIK Dumai. Satin –Sains dan Teknologi Informasi Vol 2, No 2, Desember 2016.
Kusrini dan Luthfi, E.T. 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi.
Kusuma, A.D., Astuti, S., 2017, Electronic Customer Relationship Management Berbasis Fuzzy Service Quality Untuk Peningkatan Pelayanan Pasien, Cogito Smart Journal 2017, ISSN: 2477-8079
Kotler, P., Keller, 2009, Manajemen Pemasaran Edisi Keduabelas Jilid I dan II, Indeks, Jakarta
Prasetyo, Eko. 2013. Data Mining Konsep Dan Aplikasi Menggunakan Matlab. Yogyakarta: Andi.
Raditya, Angga. 2015. Implementasi Data Mining Classification untuk Mencari Pola Prediksi Hujan dengan menggunakan Algoritma C4.5. Depok: Universitas Gunadarma.
Tjiptono, F., Chandra, G., 2011, Service, Quality & Satisfaction, Andi Publisher, Yogyakarta