Design Sistem Informasi Pelayanan Keluhan Jaringan Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Tangerang
Abstract
Pelayanan keluhan jaringan pada dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Tangerang ditangani oleh IT Support, laporan keluhan mengenai masalah jaringan atau perangkat diterima melalui telepon atau pegawai dinas datang langsung ke kantor dengan menyertakan perangkat keras. IT Support memanfaatkan Microsoft word sebagai aplikasi untuk menginput data laporan mengenai keluhan jaringan, Sistem ini dirasa kurang efektif dan dapat menimbulkan kesalahan pada saat penginputan. Oleh karena itu perlu diadakan analisa sistem pelayanan keluhan jaringan dalam bidang telematika bagian IT Support, maka diperlukan sistem berbasis website. Adapun perancangan sistem website ini peneliti menggunakan programming yaitu Mysql sebagai databasenya dan PHP sebagai bahasa programnya, sedangkan metode analisa sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language). Kesimpulan dari penelitian ini untuk mempermudah pegawai dinas dalam melaporkan keluhan jaringan sehingga IT Support dapat menangani secara cepat serta mendapatkan informasi yang terbaru.
Kata Kunci : Keluhan, Pelayanan, dan IT Support.
References
Ariessanti, H. D., Febriyanto, E., Hanifah, N. (2014). "Pelayanan Sistem iDuHelp! (iLearning Education Help) Dengan Menggunakan Sistem iLearning Survey Pada Perguruan Tinggiâ€, Vol.8 No.1. ISSN: 1978 – 828. Technomedia Journal.
Armanto, Ichsan, D. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Triple Play, E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana v. 7, n. 3, p. 1282 - 1309, ISSN 2302-8912. Februari 2018.
Aryani, D., Setiadi, A., Adnandi, M. A., Iman, N & Widiarso, R. T. (2014). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Klinik Menggunakan Model Antrian First In First Out, Seminar Nasional Informatika Medis (SNIMed) V. Universitas Islam Indonesia.
Daryanto & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima, Cetakan ke 1. Gava Media. Yogyakarta.
Dewi, E. K. (2016). Rancangan Keamanan Jaringan Dengan Menggunakan Model Proses Forensik, Vol. 2, No. 2 ISSN 2407-5043. Jurnal Maklumatika. Januari 2016.
Moenir. (2006). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Rahardja, U., Nur Azizah, Santika, D. (2013). Sistem Pelayanan Dukungan Role Online System Ticketing Raharja (ROOSTER) Dengan Menggunakan E-Ticket, ISSN 8282. CCIT Journal,.