Perancangan Mobile Learning untuk Meningkatkan dan Menarik Minat Belajar Ilmu Nahwu Berbasis Android
Abstract
Saat ini masyakarat kurang antusias dalam membaca kitab-kitab agama karena ukuranya yang sangat tebal. Ilmu nahwu masih jarang dipelajari masyarakat umum karena biasanya dipelajari di pendidikan pesantren atau pendidikan madrasah. Dalam pembelajaran ilmu nahwu biasanya terbatas pada media cetak seperti buku atau kitab-kitab dan hanya di ruang kelas. Metode pembelajaran konvensional memiliki keterbatasan , yaitu kesulitan dalam menjelaskan hal-hal yang bersifat abstrak, interaktif dan lebih cenderung berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran dan menarik minat masayarakat dalam belajar ilmu nahwu, maka dibutuhkan suatu sistem pembelajaran baru yang bisa membuat masyarakat tertarik belajar. Karena melihat masyarakat sangat bergantung pada smartphone maka peneliti merancang mobile learning ilmu nahwu berbasis android dengan menggunakan metode pengembangan sistem waterfall. Dengan adanya aplikasi ini pembelajaran ilmu nahwu jadi menarik dan mudah dipelajari. Aplikasi pembelajaran ini dapat menjadi sarana dan altrrnatif untuk mempermudah belajar menghafal ilmu nahwu
References
Erleni, & Fitri, T. A. (2015). Rancang Bangun Alat Bantu Ajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Berbasis Multimedia ( Study Kasus SMP Negeri 01 Bangkinang Seberang). SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 1(1), 10–19. https://doi.org/10.33372/stn.v1i1.8
Juansyah, A. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System (a-Gps) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(01), 129. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131
Nisa, I., & Irawati, R. P. (2015). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Melalui Metode Eklektik Permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” Pada Peserta Didik Kelas Xi Ipa-2
Man Kendal. Journal of Arabic Learning and Teaching, 4(7), 36–40.
Ratama, N., & Munawaroh. (2019). Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android. SATIN – Sains Dan Teknologi Informasi, 5(2), 59–67.
Sukamto, R. A., & Shalahudin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek (4th ed). Informatika.
Sulistiyanto, & Wafi, A. (2018). Media Pembelajaran Nahwu Dengan Smartphone. Seminastika, 171–175. http://jurnal.seminastika.org/index.php/seminastika/article/download/43/34/
Supriyono, H., Saputra, A. N., Sudarmilah, E., & Darsono, R. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android. JURNAL INFORMATIKA, 8(2), 907–920. https://doi.org/10.26555/jifo.v8i2.a2057
Syarif, F. (2017). Analisis Metode Pembelajaran Ilmu Nahwu Pada Majelis Taklim al-Amanah Kebon Jeruk Jakarta Barat. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 31–60. https://doi.org/10.14421/almahara.2017.031-03
Wahyono, I. (2019). Strategi Kiai Dalam Mensukseskan Pembelajaran Nahwu Dan Shorof Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegalbesar Kaliwates Jember. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 106. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.262
Yamani, A. Z., Adiwiharja, C., & Palasar, N. (2019). Game Edukasi Marbel Tajwid. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 5(2), 52–58.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA Developing Android-Based Instructional Media of Solubility to Improve Academic Performance of High School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289
Yuni, I. M. N., & Muryani, S. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Perabotan Pada CV . Evamas. Jurnal Paradigma, XX(2), 1–8. https://doi.org/10.31294/p.v20i2.3838