Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Penentuan Siswa Berprestasi Tingkat Sekolah Dasar
Abstract
Pemberian penghargaan terhadap siswa berprestasi di SDN Pondok Bahar 02 sangat penting karna dapat memotivasi prestasi dan meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar. Penentuan siswa berprestasi yang dilakukan oleh SD Negeri Pondok Bahar 02 hanya diambil dari rata-rata semua nilai dari ketiga aspek yaitu keterampilan, pengetahuan dan sikap. Hal tersebut dianggap kurang tepat karena siswa berprestasi harus aktif dalam kegiatan sekolah, memiliki kepribadian yang bagus dan beberapa kriteria lainya sehingga proses penentuan siswa berprestrasi tersebut kurang akurat. Selain itu, Penentuan siswa berprestasi dengan beberapa kriteria akan memerlukan banyak waktu untuk menghitungnya. Untuk itu membutuhkan sistem yang dapat menangani manajemen pengambil keputusan dalam menentukan siswa berprestasi secara cepat dan akurat. Metode Simple Simple Additive Weighting (SAW) adalah metode yang dapat digunakan untuk menentukan siswa berprestasi di SDN Pondok Bahar 02. Ada lima kriteria yang akan digunakan sebagai referensi untuk menentukan prestasi belajar siswa yaitu nilai rata-rata jumlah raport semester 2, rata-rata jumlah pengetahuan, rata-rata jumlah keteramilan, rata-rata jumlah sikap dan absensi (Alfa). Nilai terbesar akan menghasilkan siswa yang berkualitas. Dengan sistem ini, sekolah dapat dengan mudah, cepat dan akurat dalam memilih kriteria dan menentukan siswa beprestasi.
References
Havid, W. (2018). PENERAPAN METODE FUZZY LOGIC TSUKAMOTO UNTUK PENENTUAN SISWA BERPRESTASI PADA SMAN 1 SANGATTA SELATAN. JATI-Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 2(1), 283–289. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/view/1281/1154
Hidayatulloh, T., Suhada, S., Nursyifa, E., Yusuf, L., Studi, P., Informasi, S., … Informasi, S. S. (2018). PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENERIMA BEASISWA SMA MENGGUNAKAN FUZZY MULTIPLE ATRIBUTE DECISION MAKING. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(2), 247–252. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/75
Indriyani, N., Ali, E., Rio, U., & Rahmaddeni. (2020). SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Menentukan Kualitas Pelayanan Maskapai Penerbangan Domestik Dengan Menggunakan Metode Naïve Bayes Nova Indriyani. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 6(1). Retrieved from http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id/index.php/satin/article/view/605
Ismanto, E., & Effendi, N. (2017). SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ). SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 03(01), 1–9. Retrieved from http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id/index.php/satin/article/view/208
Kusumo, H. (2018). Sistem pendukung keputusan pemilihan siswa berprestasi sebagai peserta olimpiade sains menggunakan metode simple additive weighting (saw). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 37–45. Retrieved from http://ejurnal.provisi.ac.id/index.php/JTIKP/article/view/157
Lathif, R., Purwanti, D., & Arfriandi, A. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Berbasis Website dengan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 01(20), 34–41. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jsinbis/article/view/17335/pdf
Mulyati, S. (2016). PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK PENENTUAN PRIORITAS PEMASARAN KEMASAN PRODUK BAKSO SAPI. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 1(1), 33–37. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika/article/view/1466
Setiadi, A., Ningsih, A. R., Studi, P., Informatika, M., Studi, P., Informatika, T., … Weighting, S. A. (2018). Penerapan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ) Untuk Pemilihan Siswa Terbaik. Jurnal SISFOKOM, 07(September), 104–109. Retrieved from http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/sisfokom/article/view/00017
Taufiq, R., & Hadi, E. S. (2016). RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN HASIL NILAI SISWA NAIK DAN TIDAK NAIK BERBASIS JAVA DI SDN SEPATAN II. Jurnal Teknik UMT, 5(2), 67–73. Retrieved from http://jurnal.umt.ac.id/index.php/jt/article/view/349/238