Augmented Reality Buku Iqra Untuk Anak Usia Dini Sebagai Optimasi Minat Belajar
Abstract
Seluruh dunia sedang berjuang untuk menyelamatkan diri dari dampak pandemi COVID-19. Sehingga kegiatan belajar mengajar, baik di tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi, terganggu. Lambat laun kemajuan pembelajaran jarak jauh mulai menimbulkan berbagai permasalahan, salah satunya sulitnya sekolah dasar dan PAUD dalam melaksanakan pembelajaran praktik, seperti pembelajaran praktik mengaji seperti Iqra'. Dan semangat siswa menjadi kendor karena kurang antusias dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka seperti biasanya. Dengan menggunakan AR sebagai media pembelajaran alternatif, diharapkan suatu kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik bagi anak-anak. Manfaat selanjutnya yang diperoleh adalah media pembelajaran yang lebih maju dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Perancangan buku Iqra yang berisi huruf hijaiyah ini didesain dengan gambar dan panduan cara penulisan huruf hijaiyah yang mudah dipahami dan komposisi warna yang ramah anak, buku ini juga terkait dengan kepentingan lembaga pendidikan, karena fungsinya sebagai acuan dalam bidang teknologi informasi dan komputer serta desain visual. Pengayaan pengetahuan secara tidak langsung membantu meningkatkan kompetensi pendidik dan peserta didik.
References
Angga Ramandani. 2020. “Literatur Review Penerapan Augmented Reality Pada Pendidikan.”
Atmajaya, Dedy. 2017. “Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif.” Ilkom Jurnal Ilmiah 9(2):227–32.
Daud, Rafizah, Noor Azah Abd Raman, And Zarulziram Abd Jalil. 2020. “Penggunaan Augmented Reality Video Di Dalam Pendidikan Tvet.” International Journal Of Education And Pedagogy 2(1):253–63.
Hardilawati, Wan Laura. 2020. “Strategi Bertahan Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika 10(1):89–98.
Kholiq, Abd. 2020. “Development Of B D F-Ar 2 (Physics Digital Book Based Augmented Reality) To Train Students’ Scientific Literacy On Global Warming Material.” Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 8(1):50.
Maulana Arifin, Alif, Heni Pujiastuti, And Sudiana. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Stem Dengan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 7(1):59–73.
Ningsih, Sri Yunimar, And Nenny Mahyuddin. 2021. “Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):137–49.
Pratama Setia Deva, W. Setyo Nugroho. 2020. “Desain Augmented Reality Unit Rekam Medis Di Rumah Sakit Citra Husada Jember.” Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan 1(4):639–50.
Sagnier, Camille, Emilie Loup-Escande, Domitile Lourdeaux, Indira Thouvenin, And Gérard Valléry. 2020. “User Acceptance Of Virtual Reality: An Extended Technology Acceptance Model.” International Journal Of Human-Computer Interaction 36(11):993–1007.
Suciliyana, Yolinda, And La Ode Abdul Rahman. 2020. “Augmented Reality Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Untuk Anak Usia Sekolah.” Jurnal Surya Muda 2(1):39–53.
Wardani, Eka Tia, Muhammad Syamsuddin, And Hesty Nadia Pratiwi. 2021. “Hero ( Historical Heritage Board ): Inovasi Media Permainan Edukatif Berbasis Augmented Reality Guna Pengoptimalisasi Nilai-Nilai Sejarah Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Siswa.” 1(3):386–95.
Williams, Paul, And Js Perry Hobson. 1995. “Virtual Reality And Tourism: Fact Or Fantasy?” Tourism Management 16(6):423–27.