Perancangan Strategi IT dari WFO ke WFH pada Industri MRO di Indonesia
Abstract
Semenjak COVID-19 banyak perusahan-perusahaan yang melakukan pekerjaan jarak jauh yaitu WFH (Work From Office) dan Work From Anywhere (WFA), dan setelah selesai banyak perusahaan yang masih menerapkan pekerjaan jarak jauh dikarenakan mempunyai banyak keuntungan dan kelebihan. Walaupun mempunyai banyak kelebihan ternyata pekerjaan jarak jauh juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan dan dihindari. Perusahaan Industri MRO (Maintenance, Repair, dan Operation) pesawat mengalami banyak permintaan yang dikarenakan perusahaan penerbangan yang sudah mulai pemulihan pasca terjadinya COVID-19. Dalam jurnal ini akan dibahas perpindahan pekerjaan dari yang sebelumnya pekerjaan dari kantor menjadi pekerjaan jarak jauh pada industri MRO pesawat yang sedang mengalami perkembangan pesat dan tetap ingin merasakan dampak baik dalam melakukan pekerjaan jarak jauh. Dalam implementasinya untuk menerapkan pekerjaan jarak jauh diperlukan suatu IT Strategi yang dibuat menggunakan kerangka kerja IT BalancedScoreCard (IT-BSC) yang memberikan pandangan penggunaan IT dan tujuan bisnis pada perusahan. Pengunaan IT-BSC disini untuk menyoroyi yantangan yang ada dalam menerapkan kerja jarak jauh serta bagaimana strategi IT dapat mengatasi masalah tersebut.
References
Christy Rosana, F. (2022). Airnav Catat Penerbangan Internasional Tumbuh 103 Persen Selama 2022. Tempo.Co. Https://Bisnis.Tempo.Co/Read/1674370/Airnav-Catat-Penerbangan-Internasional-Tumbuh-103-Persen-Selama-2022
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. Https://Doi.Org/10.21831/Hum.V21i1.38075
Jelahut, F. E. (2022). Aneka Teori Dan Jenis Penelitian Kualitatif. Qualitative Inquiry & Research Design “Choosing Among Five Approaches,” September. Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Ymzqp
Mariza, I. (2001). Pengukuran Kinerja Dengan Balanced Scorecard. The Winners, 4(2), 127–137.
Nam, S., Choi, S., Edell, G., De, A., & Song, W.-K. (2023). Comparative Analysis Of The Aviation Maintenance, Repair, And Overhaul (Mro) Industry In Northeast Asian Countries: A Suggestion For The Development Of Korea’s Mro Industry. Sustainability, 15(2), 1159. Https://Doi.Org/10.3390/Su15021159
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. Https://Doi.Org/10.18592/Alhadharah.V17i33.2374
Riza Akhsani Setyo Prayoga, & Asep Syahrul Mubarok. (2021). Perancangan Strategi E-Commerce Untuk Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Kafe Xyz Surabaya). Satin - Sains Dan Teknologi Informasi, 7(2), 142–151. Https://Doi.Org/10.33372/Stn.V7i2.747
Rodrigues, D., & Lavorato, P. (2016). Maintenance, Repair And Overhaul (Mro) Fundamentals And Strategies: An Aeronautical Industry Overview. International Journal Of Computer Applications, 135(12), 21–29. Https://Doi.Org/10.5120/Ijca2016908563
Sardjono, W., Mastuki, Cholidin, A., & Priatna, W. (2021). It Balanced Scorecard Implementation To Measure The Effectiveness And Efficiency Of The Contribution Performance Of The Use Information Systems In The Company. Icic Express Letters, 15(3), 219–228. Https://Doi.Org/10.24507/Icicel.15.03.219
Suksmonohadi, M., & Indira, D. (2020). Kebijakan Penanganan Pandemi Covid-19. Bank Indonesia, Edisi Ii, 89–112. Https://Www.Bi.Go.Id/Id/Publikasi/Laporan/Documents/8.Bab-5__Artikel_Ii-2020.Pdf
Copyright (c) 2023 Eko Setiawan (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.